pengenalan komputer

d.add(10,0,’Profile’,’link.html’,’’,’’,’http://kendhin.890m.com/dtree/trash.gif’);

Sabtu, 03 Maret 2012

(COMPUTER SYSTEM COMPONENTS) KOMPONEN SISTEM KOMPUTER

(COMPUTER SYSTEM COMPONENTS) KOMPONEN SISTEM KOMPUTER
1. Unit pemroses (CPU)
Unit pemroses Mengendalikan operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data, yang terdiri dari ALU, CU, Register. Berfungsi mengendalikan operasi komputer didalam pemrosesan data, menghitung, operasi logik dan mengirim data dengan membaca instruksi dari memori dan mengeksekusi.
Process Device (CPU)

Gam
Keterangan gambar:
CPU pertama kali dimasukkan dengan data atau instruksi melalui input device atau sensor atau video atau kamera. Lalu data atau informasi tersebut diolah CPU dan akan dihasilkan informasi yang di keluarkan melalui output device yang akan digunakan sebagai laporan. Jika data yang di masukkan melalui modem dan telah diolah melalui CPU, hasilnya akan dikeluarkan dapat melalui modem itu sendiri atau dengan output device yang lain. Begitu juga data yang dimasukkan melalui Ethernet, hasilnya dapat di keluarkan melalui Ethernet itu sendiri atau melaui output device yang lain.
Control Unit (CU)
Merupakan salah satu bagian dari sebuah CPU yang berfungsi untuk mengontrol dari data atau instruksi.

Gambar 3 Control Unit
Cara kerjanya:
Pertama instruksi dari program masuk kedalam instruction register (suatu register yang digunakan untuk menyimpan alamat instruksi sebelumnya untuk dikerjakan/dilaksanakan melalui control unit). Dalam instruction register, instruksi program tersebut di bagi dua bagian, yaitu instruksi yang berisi commant (bagian instruksi yang berisi perintah) dan instruksi yang berisi address (bagian instruksi yang berisi alamat dari data yang akan diproses). Instruksi yang berkenaan dengan command akan dikirim kebagian decorder atau (alat yang digunakan untuk pengkodean kembali atau suatu alat yang digunakan untuk mengubah unsure-unsur yang memilih signal mana menjadi output dari kombinasi-kombinasi sinyal input) dan yang berkenaan dengan adress yang akan dikirim ke address register (suatu register yang digunakan untuk menyimpan atau melakukan variasi adress) dalam decorder command tersebut ditafsirkan untuk menentukan bagian-bagian yang harus bekerja. Pada saat bersamaan dalam address register akan mencari alamat data yang akan diproses. Setelah alamat data tersebut diproses, lalu dikirimkan instruksi tersebut kedalam program counter (register digunakan untuk mengisi address dari instruksi berikutnya untuk dilaksanakan atau kadang-kadang digunakan untuk menunjukkan register yang menyimpan address dari instruksi yang sedang berjalan) untuk diisi dengan alamat dari instruksi berikutnya untuk dilaksanakan.
Arithmatic and Logic Unit (ALU)

Gambar 4 ALU
Cara Kerja:
Pertama-tama data/perintah yang berkenaan dengan perhitungan matematis disimpan ke dalam storage register (suatu alat untuk menyimpan informasi)agar dapat dimasukkan atau dipanggil melalui memori. Setelah semuanya tertampung lalu di kirimlah data tersebut ke dalam adder (suatu alat tambah elektronik yang menentukan tiga digital output addend, (augend dan carry) untuk di proses, yaitu jika proses aritmatik dengan jalan penambahan dan proses logika dengan jalan pengurangan dan akan menghasilkan sum dan carry. Addend adalah suatu operand yang di gunakan dalam fungsi tambahan hitungan. Bila addend ditambahkan dengan augend, akan membentuk hitungan (sum) yang akan menggantikan nilai semula dari suatu augend. Augend adalah kualitas dalam suatu operasi tambahan dimana addend akan di tambahkan menghasilkan sum. Carry adalah digit yang ditambahkan pada posisi digit yang paling tinggi berikutnya. Bila jumlah digit dalam posisi yang lebih rendah melampaui jumlah dasar akan ditambahkan dengan carry. Setelah diproses, lalu di kirim ke dalam accumulator (suatu lokasi penyimpanan untuk menyimpan hasil hitungan atau suatu unit elektronik yang melakukan pekerjaan hitungan).
Memori, CU, ALU dihubungkan oleh Bus. Bus dibedakan menjadi 3 fungsi , yaitu :
a. Control BUS
Jalur satu arah dari control unit untuk tujuan timing dan cotrolling
b. Address BUS
Jalur satu arah untuk tujuan untuk menemukan alamat dalam memori yang berisi data dan instruksi
c. Data BUS
Jalur dua arah untuk tujuan melalui mana data mencapai tujuannya
2. Main memory
Main memory berfungsi menyimpan data dan program, dan bersifat volatile.
Memori dibagi menjadi 2 :
a. Main Memory
b. Secondary memory
Memori utama yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
-Register dan Buffer (terdapat didalam CPU)
-ROM (Read Only Memory) : BIOS, EPROM
-RAM (Random Access Memory) :
-SRAM (Static RAM) :
-Internal Cache Memory
-External Cache Memory
-DRAM (Dynamic RAM) :
-FPM (First Page Memory)
-EDO (Extend Data Out)
-SDRAM (Syncronous Dynamic)
-DDR (DoubleDate RAM)
-RAMBUS

3. Perangkat masukan dan keluaran
Perangkat masukan dan keluaran berfungsi memindahkan data antara komputer dan lingkungan eksternal.
Perangkat ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
  1. Perangkat Masukan Perangkat yang berfungsi sebagai masuknya data pada komputer untuk diproses.
  2. Perangkat Keluaran Perangkat yang berfungsi sebagai keluar/ tampilnya data yang telah diproses oleh komputer.
  3. Perangkat Pengendali Perangkat yang dikendalikan oleh chip controller yang mengatur masuknya data dan keluarnya data dari komputer ke peripheral.
4.      Interkoneksi antar komponen
Interkoneksi antar komponen struktur dan mekanisme yang menghubungkan antara pemroses-main memori-perangkat masukan dan keluaran.

4. Interkoneksi Antar Komponen
Interkoneksi antara CPU, memori dan perangkat masukan dan keluaran dihubungkan oleh BUS, yang dibagi menjadi :
  1. Address Bus Jalur yang digunakan untuk pengalamatan dari CPU ke Memori atau port, secara pararel (16, 20, 24) dengan jumlah lokasi memori yang dapat dialamati 2N (N adalah jumlah jalur alamat).
  2. Data Bus Jalur yang digunakan untuk data-data yang dibaca/ ditulis oleh CPU kemudian dikirim/ diterima dari/ke memori maupun port I/O. Dan data bus terdiri dari jalur pararel (8, 16, 32, 64).
  3. Control Bus Jalur yang digunakan untuk mengirim sinyal-sinyal kendali untuk memerintahkan kepada memori untuk membaca/ menulis, pembacaan I/O. (Memory Read/Write, I/O Read/Write). Pada jalur ini berisi 4 ¨C 10 jalur sinyal secara pararel.

5. Motherboard atau Mainboard.
Komponen KomputerWadah atau tempat utama dari pengaturan semua komponen yang dihubungankan (attached) sehingga menjadi satu kesatuan sistem komputer. Dalam mainboard ada komponen yang dinamakan ROM atau sering kita sebut BIOS (Basic Input Output System) bentuknya seperti IC (Integrated Circuit).














0 komentar:

Posting Komentar

Halaman

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More